Today : Wed, 12 Dec 2018

Sirani, Aplikasi Pendeteksi Perangkat Resmi atau BM di Indonesia  Post By Admiin   18/07/2018 - 5 bulan lalu

Keberadaan perangkat smartphone dari luar negeri (black market/BM) tentu meresahkan masyarakat terutama jika perangkat tidak didukung garansi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika menghadirkan sebuah aplikasi bernama Sirani.

Sirani hadir untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi mengenai sertifikasi alat atau perangkat telekomunikasi yang beredar di Indonesia.

"Melalui aplikasi ini masyarakat dan pengguna bisa mengakses informasi mengenai daftar sertifikat, informasi sertifikasi, balai uji, hingga tarif sertifikasi perangkat telekomunikasi," kata Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Ditjen SDPPI Mochamad Hadiyana dalam keterangan resmi Kemkominfo yang dikutip Tekno Liputan6.com, Senin (16/7/2018). 

Hadiyana mengungkapkan, aplikasi Sirani sudah bisa diunduh oleh masyarakat melalui toko aplikasi Google Play.

Dengan menginstal Sirani lewat Google Play, pengguna bisa mengakses semua informasi mengenai sertifikasi alat atau perangkat telekomunikasi dari smartphone maupun perangkat mobile Android lainnya.

Hadiyana menambahkan, aplikasi Sirani tidak hanya untuk mengetahui perangkat yang telah disertifikasi tetapi juga untuk mendukung perizinan online terpadu One Single Submission yang diresmikan sebelumnya.

Sumber : kominfo.go.id